Image


Situs Resmi
Kelurahan Brambaken

Image

Kepala Kelurahan
REYNOLD HARRYSON KORWA,S.STP

Diberitahukan kepada seluruh masyarakat Kelurahan Brambaken agar Besok mengumpulkan kartu keluarga di Setiap Ketua RT setempat, untuk di Validasi sebagai penerima Bansos

...

Launching Ekspor Perdana Perikanan Diwilayah Biak Numfor

Penulis : Buletin Darfuar/R. S / Tanggal Berita : 28 Agustus 2021

Launching Ekspor Perdana  Perikanan Diwilayah Biak Numfor
By Buletin Darfuar-  28 Agustus 2021

”Berani ekspor artinya kita harus berani bersikap profesional, karena pihak pembeli di luar negeri biasanya sangat mengutamakan konsistensi kualitas barang dan ketepatan waktu pengiriman barangnya” brambaken biakkab gi.id– Bupati Biak Numfor, Sekertaris Daerah Biak Numfor,Ketua DPRD Bisk Numfor dan Petinggi TNI/POLRI  menghadiri Launching Ekspor Perdana Komoditi Perikanan yang diselenggarakan di Kantor Perikanan Kabupaten Biak Numfor, hari ini Sabtu (28/08).

Selain Sekertaris Daerah Kabupaten Biak Numfor dan para kepala SKPD juga tampak hadir  Kepala Kantor Bea Cukai Biak Numfor ,

Dalam sambutan  Bupati Biak Numfor, HERRY ARIO NAAP Kusumanto menyampaikan bahwa sebagai daerah pesisir, Dan Kepulauan, Biak memiliki potensi perikanan dan kelautan yang sangat besar, baik di bidang perikanan tangkap, perikanan budi daya atau dalam bentuk pengembangan komoditi hasil kelautan yang lain  seperti rumput laut.

”Apalagi di  Pulau dikelilingi oleh lautan. bagi masyarakat, laut adalah masa depan, tempat mereka menggantungkan impian dan harapannya. tidak mengherankan jika sebagian besar masyarakat di Biak berprofesi sebagai nelayan,” ujarnya.

Menurut Bupati, pemerintah kabupaten  sangat mendukung jika ada pihak Dinas Perikanan Biak Numfor yang akhirnya berani membuat terobosan dengan melakukan ekspor hasil perikanan dari wilayah Biak. meskipun skalanya belum terlalu besar, tapi Bupati optimis ekspor perdana kali ini bisa menjadi pembuka jalan bagi Pemerintah dan serta berapa koperasi penampung komoditi Laut yang lain untuk mengikutinya.

”Selain transaksinya menjadi lebih jelas dan menguntungkan, ekspor yang dilakukan secara resmi akan membuat kita terhindar dari kemungkinan melanggar aturan keimigrasian di negara lain. tidak hanya itu, ekspor yang dilakukan secara resmi juga akan memberikan pemasukan bagi negara dalam bentuk pajak yang sangat berguna dalam membiayai pembangunan,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Bupati dalam sambutannya atas nama Pemerintah Kabupaten Biak Numfor mengucapkan selamat atas launching ekspor perdana komoditi hasil perikanan kali ini.

Menurutnya, ekspor komoditi hasil perikanan kali ini adalah awal langkah pemerintah biak numfor untuk menembus pasar luar negeri. sebelumnya, komoditi-komoditi yang lain juga bisa menyusul untuk go internasional.

Selaku pemerintah, Bupati juga berpesan agar kualitas dari komoditi yang akan diekspor tetap dapat dijaga, baik kualitas barang, atau ketepatan waktunya.

”Berani ekspor artinya kita harus berani bersikap profesional, karena pihak pembeli di luar negeri biasanya sangat mengutamakan konsistensi kualitas barang dan ketepatan waktu pengiriman barangnya”,tambahnya.

Tak lupa, dalam kesempatan ini Bupati juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai tipe Madya Pabean C  yang telah membantu dan memfasilitasi pemerintah sampai akhirnya bisa melakukan ekspor perdana.

“Hal itu membuktikan bahwa sinergi antara Pemerintah Daerah, dan Kantor Bea Cukai   terjalin dengan  baik. Mari kita terus jaga dan pertahankan sinergi ini guna mendukung kegiatan ekspor di masa-masa mendatang,” tambahnya.

Seusai acara seremoni, kegiatan dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan peluncuran perdana ekspor di lokasi VIP ROOM Bandar Udara Frans Kaisepo.
*Buletin Darfuar